rss
twitter
    Find out what I'm doing,...

Perbandingan efek HES 6% dengan RL pada curah jantung pasien dengan blok spinal

Suatu studi telah dilakukan untuk menilai efek posisi Trendelenburg (posisi pasien telentang dengan posisi kepala lebih rendah dibanding kaki), infus larutan HES (hydroxyethyl starch) 6% atau infus larutan RL pada perubahan curah jantung setelah anestesia spinal pada pasien berusia lebihd ari 50 tahun.

Dalam studi tersebut, 70 pasien dijadwalkan untuk menjalani bedah ortopedi ekstremitas bawah dengan anestesia spinal dan secara acak dibagi menjadi 3 kelompok.

Pada kelompok Trendelenburg, pasien ditempatkan dalam posisi Trendelenburg segera setelah blok spinal selama 10 menit. Pada kelompok HES pasien mendapat infus 500 mL larutan HES 6%, dan pada kelompok RL, pasien mendapat infus 1000 mL larutan RL. Kedua infus diberikan selama 20 menit setelah blok spinal.

Curah jantung diukur secara terus-menerus sejak 15 menit sebelum hingga 30 menit setelah anestesia spinal menggunakan salah satu metode kardiografi dan tekanan darah arteri diukur dengan alat otomatis.

Hasilnya menunjukkan bahwa pada pasien dengan posisi Trendelenburg, curah jantung tidak berubah. Pada kelompok HES, curah jantung meningkat secara bermakna setelah blok spinal dan masih meningkat secara bermakna hingga akhir pengukuran. Pada kelompok RL, curah jantung meningkat secara bermakna 10 dan 20 menit setelah blok spinal, tetapi setelah infus distop, curah jantung mulai menurun.

Kesimpulan dari hasil studi tersebut adalah bahwa penurunan curah jantung setelah anestesia spinal dapat dicegah dengan menempatkan pasien pada posisi Trendelenburg, atau infus larutan HES 6% atau RL, namun efek infus larutan RL hanya sementara, sedangkan efek infus larutan HES 6% dapat bertahan melebihi waktu infus.

Sebelumnya, studi pada 40 wanita dengan operasi sesar yang secara acak dan buta ganda diberikan preload 1,5 L RL atau 1 L HES 6% selama 15 menit di mana 30 menit kemudian mendapat blok spinal dengan bupivacaine hiperbarik juga menunjukkan bahwa curah jantung meningkat setelah preload dengan kedua larutan infus, tetapi curah jantung dapat dipertahankan setelah anestesia spinal hanya pada kelompok yang mendapat infus larutan HES 6%.
Klik di sini untuk menuju sumber

Related Post



0 comments:

Poskan Komentar